Pengantar Bisnis BAB 6
PEMASARAN
Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan untuk menjalankan
bisnis (profit atau monoprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan
atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta memromossikannya melalui
proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pasar adalah konsumen pribadi atau
organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Jenis-jenis Pasar
Jenis
pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk
kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata
(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
1. Pasar Nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan
diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan
pasar swalayan.
2. Pasar Abstrak pasar dimana para pedagangnya tidak menawar
barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya
dengan menggunakan surat
dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar
valuta asing.
Jenis
pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara
transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
1. Pasar Tradisional adalah pasar
yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan
tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah
barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
2. Pasar Modern adalah pasar
yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas
dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal,
plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis
– Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar
hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar
sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis
– Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut
keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
1. Pasar Lokal
2. Pasar Daerah
3. Pasar Nasional dan
4. Pasar Internasional
Konsep-konsep Inti Pemasaran
1. Kebutuhan merupakan
suatu keadaan dirasakanya ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan
terletak dalam tubuh dan kondisi manusia.
2. Keinginan merupakan
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam.
3. Permintaan merupakan
keinginan terhadap produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan
dan kemauan untuk membelinya.
4. Produk merupakan suatu
yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan
keinginan.
5. Nilai merupakan
konsumen terhadap kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan
kebutuhannya.
6. Konsumen merupakan
pemakai akhir, sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang
bertindak sebagai agen bagi konsumen akhir.
Manajemen Pemasaran
1.
Keadaan
Permintaan dan Tugas Pasar
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1. Permintaan negatif
2. Tidak ada permintaan
3. Permintaan terpendam
4. Permintaan menurun
5. Permintaan yang tidak
beratuaran
6. Permintaan penuh
7. Permintaan yang
berlebihan
8. Permintaan yang tidak
sehat
2. Falsafah Manajemen Perusahaan
Manajemen pemasaran merupakan sebuah
proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan
distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi
sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Bauran Pemasaran
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product
2. Price
3. Place
4. Promotion
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti
keuangan, teori
bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga
istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence
(Bukti Fisik), Process. Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P
baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni
daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada
ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada
ilmu tertentu.
Pandangan
ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana
produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).Metode pemasaran
klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, di internet pemasaran dilakukan dengan banyak
metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Tujuan Sistem Pemasaran
1. Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2. Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3. Tingkat pilihan
konsumen yang maksimum.
4. Kualitas hidup konsumen
yang maksimum.
Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
Pemasaran
merupakan kegiatan produktif karena menciptakan kegunaan (utility) baik
kegunaan
bentuk,
tempat, waktu maupun milik. Terdapat enam macam pendekatan yang biasa
digunakan untuk
menganalisis
permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran yaitu pendekatan
- · komoditi (commodity approach),
- · pendekatan kelembagaan (institutional approach),
- · pendekatan analitis atau efisiensi pemasaran (analytical approach),
- · pendekatan struktur tingkah laku dan penampilan pasar (SCP approach), dan
- · pendekatan manajemen pemasaran (marketing management approach).
- Masing-masing pendekatan tersebut tidak dapat berdiri sendiri sehingga memerlukan pendekatan lainnya agar dapat memberikan manfaat yang lebih menyeluruh.
Sumber Referensi :
0 komentar (comment):
Posting Komentar