Sun
Rss

Minggu, 29 November 2015

Tugas 3 - Contoh Paragraf dalam Bidang Ekonomi


PENALARAN INDUKTIF

Penalaran Induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yan berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Ada tiga bentuk penalaran induktif, yaitu genralisai, analogi, dan hubungan sebab-akibat (kausalitas).

Generalisasi
Pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. Dalam pengenmbangan karangan, generalisasi perlu ditunjang aatau dibuktikan dengan fakta-fakta, contoh-contoh, data statistic dan sebagainya.

Contoh Paragraf Generalisasi:

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih berada di kisaran 13.700 menjelang akhir pekan ini. Hal itu lantaran masih minim sentimen positif kuat di pasar dan harapan kenaikan suku bunga bank sentral AS yang pengaruhi rupiah. Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (27/11/2015) rupiah dibuka menguat ke level 13.739 per dolar AS dari penutupan perdagangan Kamis 26 November 2015 di level 13.742 per dolar AS. Rupiah berada di posisi 13.745 per dolar AS pada pukul 12.50. Pergerakan rupiah di kisaran 13.681-13.759 per dolar AS sepanjang hari ini. Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di kisaran 13.747 per dolar AS pada perdagangan Jumat 27 November 2015, angka itu melemah bila dibandingkan posisi pada 26 November 2015 di kisaran 13,733 per dolar AS.

Analogi
Penalaran analogi dilakukan dengan cara membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi keduanya memiliki beberapa sisi persamaan.

Contoh paragraph Analogi:

Didalam fakultas Ekonomi, terdapat Program Studi Akuntansi dan Manajemen, Prodi ini memiliki perbedaan tentang Pembelajaran. Sebagai mahasiswa baru, mereka akan memilih prodi mana yang diminati. Seharusnya mereka lebih baik memantapkan pilihannya sebelum terlanjur menyesal karena salah memilih. Seperti halnya kita sebagai Konsumen dalam memilih barang. Mana barang yang dinilai akan memberikan keuntungan lebih untuk masa mendatang, sesuai kebutuhan, dan kesukaan.

Kausalitas
Penalaran kausalitas yang menunjukkan hubun gan sebab-akibat aatu akibat-sebab.

Contoh Paragraf Kausalitas:

Dengan melemahnya Kurs Rupiah terhadap Dollar yang akan menyentuh harga Rp 15.000, banyak barang impor yang harganya mulai naik. Contohnya kedelai. Kedelai adalah bahan baku utama pembuatan tempe. Dengan naiknya harga kedelai, akan mengakibatkan banyak para pedagang tempe yang menaikkan harga tetapi ukurannya masih sama, atau mengecilkan ukuran tempe dengan harga tetap.

0 komentar (comment):

Posting Komentar

Jaga lilin hoho :o