Sun
Rss

Kamis, 22 Oktober 2015

Contoh Aktiva Tetap Tak Berwujud





Contoh Aktiva Tidak Berwujud


1.      Hak Sewa (Lease Hold)
Hak sewa diperoleh dari tansaksi sewa aktiva tertentu, disahkan oleh notaris dan dalam tempo kurun waktu tertentu. misalnya sewa gedung, sewa kendaraan, sewa mesin.
Alasan hak sewa diakui sebagai aset tak berwujud karena:
*       Memberikan kontribusi bagi entitas bisnis dimasa mendatang
*       Memiliki masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi.

2.      Organization Cost
Merupakan pengeluaran entitas yang timbul sebelum berusahaan beraktifitas operasi. misal biaya notaris, biaya seperti ini dicatat sebagai perolehan aset tak berwujud karena manfaatnya yang diperoleh entitas saat itu dan dimasa mendatang selama entitas masih beroperasi.

3.      Copyright (Hak Pengadaan atau Hak Cipta)
Merupakan hak yang diberikan karena suatu penulisan, ntah itu puisi, novel, karya ilmiah, nada lagu maupun lirik, skenario film. Hak Pengadaan (copyright) bisa meliputi hak mengedarkan dan memperbanyak karya tersebut.
*     Adalah hak yang diberikan oleh pemerintah (instansi yang berwenang) kepada pengarang, pencipta lagu, musik, barang – barang seni dan lainnya untuk mempublikasikan , menerbitkan, mengawasi, dan mengkomersialkan hasil ciptaannya.
*      Hal cipta diberikan untuk jangka waktu 28 tahun, dengan ditambah kemungkinan perpanjangan Hak Cipta selama 28 tahun kedua.
*      Komponen Harga Perolehan Hak Cipta dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti halnya Hal Paten
*      Harga Perolehan Hak Cipta harus diamortisasi selama hak cipta tersebut memberikan manfaat, dan harus dihapuskan pada saat Hak Cipta sudah tidak lagi bermanfaat.
*    Amortisasi Hak Cipta dilakukan dengan mendebet rekening biaya dan mengkredit rekening Hak Cipta.

4.      Perijinan (Licences)
Hak yang didapat dari pemerintahan utuk bisa melakukan aktifitas yang terkait dengan bidang usaha perusahaan. Licences ini ada masa waktunya, apabila telah habis, maka harus diperpanjang/diperbarui. biasanya ijin seperti ini mempunyai jangka waktu lebih dari satu tahun buku, bisa 3 hingga 30 tahun.

5.      Franchise
Franchise merupakan hak yang didapat guna melakukan jenis usaha tertentu, memasarkan produk juga mengikuti polanya, penggunaan logo maupun pengelolaannya. yang semuanya dimiliki oleh entitas yang memberikan franchise/waralaba
*    Adalah hak monopoli yang diberilan oleh instansi pemerintah untuk menggunakan fasilitas umum yang manfaatnya akan dinikmati oleh masyarakat.
*       Franchises bisa diberikan untuk waktu yang terbatas atau untuk waktu yang tidak terbatas.
*   Franchises yang diberikan untuk waktu yang terbatas harus diamortisasi selama jangka waktu tersebut.

6.      Goodwill (Muhibah)
Goodwil adalah keistimewaan atau kelebihan tertentu yang dimiliki suatu entitas, diakui apabila terjadi transaksi pada perushaan yang dinilai lebih oleh entitas lain. transaksi bisa berupa merger atau akuisisi maupun penjualan perusahaan. contohnya keistimewaan perusahaan karena mempunyai reputasi yang sangat bagus, mempuyai produk yang tak dimiliki oleh para pesain maupun letak perusahaan yang strategis.
Goodwill merupakan contoh dari aktiva tetap tak berwujud yang tidak dapat diidentifikasi secara spesifik. Dari segi akuntansi, goodwill adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba di atas laba normal dari lain-lain perusahaan yang sejenis (dalam industri yang sama).
Goodwill berhubungan dengan atau timbul dari berbagai macam faktor yang sulit diukur secara kuantitatif, seperti :
*       Hubungan yang baik / memuaskan antara perusahaan dengan konsumen
*       Lokasi perusahaan yang strategis
*       Efisiensi dalam aktifitas produksi
*       Hubungan baik antar karyawan dalam perusahaan
*       Kedudukan dalam persaingan yang menguntungkan
*       Dll

7.      Resep, Formula, Model, Desain, dan Prototipe
Resep, formula, model, desain, dan prototipe merupakan penemuan-penemuan yang didapat perusahaan yang selanjutnya digunakan dalam operasi perusahaan. Ada kalanya bisa merupakan keunggulan atau ciri khas yang membedakan produk perusahaan tersebut dengan produk perusahaan lain. Umumnya penemuan ini didaftarkan perusahaan sebagai hak cipta.

Sumber

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting edisi 8. Yogyakarta :BPFE-YOGYAKARTA





0 komentar (comment):

Posting Komentar

Jaga lilin hoho :o